Apakah Retinoid adalah Obat Yang Ampuh Untuk Kulit Anda?

Retinol dan retinoid lainnya secara luas dianggap sebagai bahan anti-penuaan terbaik yang tersedia – dan untuk alasan yang bagus. Ada banyak penelitian yang mendukung kemampuan turunan vitamin A untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, antara lain garis halus, kerutan, kerusakan akibat sinar matahari, dan hilangnya kekencangan. Setelah dioleskan, retinoid bekerja di tingkat sel untuk menetralkan radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen, elastin, dan asam hialuronat jauh di dalam kulit. Mereka juga membantu meningkatkan pergantian sel kulit permukaan, mengurangi kecenderungan minyak dan kotoran menyumbat pori-pori, dan memudarkan bintik hitam dan hiperpigmentasi.

parasayu.net

Apakah Anda tertarik menambahkan retinoid ke rutinitas perawatan kulit Anda? Sebelum Anda melakukannya, penting bagi Anda untuk memahami sedikit ilmu di balik retinoid. Kulit manusia hanya dapat menggunakan bentuk aktif Vitamin A: asam retinoat. Jadi enzim di kulit kita harus mengubah retinoid topikal, seperti retinol, menjadi asam retinoat sebelum kita menuai manfaatnya. Secara umum, retinoid yang lebih ringan harus melalui proses konversi yang lebih lama, sementara retinoid yang lebih efektif dengan cepat diubah menjadi asam retinoat. Karena proses konversi yang lebih lama ini, retinoid ringan cenderung lebih baik untuk kulit sensitif dan retinol pemula, karena cenderung tidak menyebabkan iritasi (pikirkan kemerahan dan pengelupasan).

Dengan mengingat hal itu, penting untuk mengetahui detail retinoid paling populer yang akan Anda temui dalam produk perawatan kulit – dari yang paling ringan hingga yang paling efektif di Parasayu .

  1. Pacocheol
    Baccuchiol adalah ekstrak tumbuhan yang seringkali penuh dengan retinoid karena efeknya yang mirip retinol, tetapi itu bukan retinoid sejati. Bacuchiol telah terbukti membantu mengurangi perubahan warna, garis, dan tanda penuaan lainnya, seperti retinol, tetapi tanpa iritasi.
  2. Retinyl palmitate
    Retinyl palmitate adalah salah satu retinoid ringan yang tersedia, menjadikannya pilihan yang baik untuk kulit sensitif. Antioksidan yang kuat, telah terbukti meningkatkan produksi kolagen dan menargetkan kerusakan akibat sinar matahari.
  3. Retinyl Propionate
    Retinyl propionate adalah retinoid ringan lainnya yang telah terbukti mengurangi munculnya keriput dan hiperpigmentasi. Ini belum sepopuler Retinyl Palmitate dalam perawatan kulit, tetapi mungkin lebih efektif.
  4. Retinol
    Retinol (juga dikenal sebagai vitamin A murni) adalah retinoid bebas resep yang paling efektif. Itu datang dalam konsentrasi mulai dari 0,01% hingga 1%. Meskipun retinol kurang efektif dibandingkan dengan retinoid yang diresepkan, ini adalah standar emas untuk perawatan kulit anti penuaan. Jika Anda baru menggunakan retinol, mulailah dengan serum atau krim berkekuatan rendah (0,1% atau kurang) untuk melihat bagaimana kulit Anda bereaksi.
  5. Retinaldehyde (juga dikenal sebagai retina)
    Retinaldehyde (juga dikenal sebagai retina) adalah prekursor langsung untuk asam retinoat, jadi ini merupakan langkah maju dari retinol dalam hal efektivitas. Seperti retinol, manfaatnya termasuk kerutan yang tidak terlalu terlihat dan kulit yang lebih halus dan kencang. Ini dianggap sangat bermanfaat jika Anda menderita jerawat karena manfaat antibakterinya.
  6. Retinil retinoat
    Retinil adalah bagian dari retinoid generasi baru yang diyakini sama efektifnya dengan retinol tetapi dengan iritasi yang lebih sedikit. Data ilmiah terbatas, tetapi penelitian mendukung kemampuannya untuk menghaluskan garis, merangsang produksi kolagen, dan mengatasi jerawat.
  7. Hydroxybenacolon retinoate
    Hydroxypinacolone retinoate, seperti retinoate, adalah retinoid generasi berikutnya yang kadang-kadang disebut “retinoid granular.” Penelitian hingga saat ini mendukung kemampuannya untuk mengobati keriput, kerusakan akibat sinar matahari, dan bintik hitam dengan lebih sedikit iritasi daripada retinol.
  8. Adapalene (juga dikenal sebagai Differin)
    Adapalene (juga dikenal sebagai Differin) hanya tersedia dengan resep, tetapi konsentrasi tertentu (0,1%) sekarang tersedia tanpa resep di Amerika Serikat. Ini sangat efektif untuk jerawat karena mengurangi peradangan dan mencegah pori-pori tersumbat.
  9. Tretinoin
    Tretinoin adalah resep retinoid yang juga dikenal sebagai Retin-A. Ini adalah asam retinoat murni, jadi tidak harus melalui proses transformasi untuk bekerja pada kulit. Sayangnya, ini juga kuat – efek sampingnya bisa termasuk iritasi, kemerahan, kekeringan, dan pengelupasan.
  10. Tazarotene
    Tazarotene adalah resep retinoid yang juga dikenal sebagai tazorac. Ini dianggap sebagai salah satu retinoid topikal terkuat yang ada saat ini dan sering diresepkan untuk jerawat dan psoriasis.

Terlepas dari retinoid mana yang Anda pilih untuk digunakan, perlu diingat bahwa bahkan yang paling ringan pun dapat menyebabkan iritasi. Jika Anda baru mengenal retinoid, mulailah dengan menggunakannya sekali atau dua kali seminggu dan kemudian tingkatkan secara perlahan dari sana. Sebaiknya aplikasikan pada malam hari dan gunakan SPF spektrum luas pada siang hari, karena retinoid dapat meningkatkan kepekaan terhadap paparan sinar matahari. Seperti biasa, jika ragu – bicarakan dengan kulit Anda sendiri.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>